3 Fungsi Asuransi Jiwa

Segitiga Fungsi Asuransi

Begitu dengar kata asuransi pasti Anda kepikiran asuransi kesehatan, tunggu dulu asuransi kesehatan itu bagian dari asuransi jiwa, gambar piramida fungsi asuransi yang terdiri dari 3 bagian fungsi asuransi, yaitu asuranasi untuk proteksi kesehatan, asuransi untuk proteksi income (biaya hidup keluarga) dan bagian terakhir adalah asuransi berfungsi sebagai penambah warisan atau penambah asset.

untuk lebih jelasnya, saya akan uraikan satu persatu di bawah ini lengkap dengan video ilustrasi agar Anda paham bagian bagian dari masing-masing fungsi Asuransi tersebut.

Proteksi Kesehatan

Proteksi kesehatan adalah fungsi asuransi yang paling dasar yang wajib di miliki setiap keluarga, karena resiko sakit itu bisa terjadi kapan saja dan tentunya biaya rumah sakit itu meningkat setiap tahun, kalau tanpa memiliki asuransi kesehatan bisa saja membuat tabungan terkuras saat terjadi resiko rawat inap atau tindakan operasi. oleh karena itu pemerintah memberikan layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) yaitu BPJS, trus pertanyaanya kalau sudah ada BPJS petingkah ikut asuransi kesehatan Swasta ?.

kalau boleh saya analogikan BPJS kesehatan ibarat kita naik angkutan umum biaya lebih murah bahkan ada angkutan yang gratis yang di bayarkan oleh pemerintah, nah resikonya karena dipakek banyak oreng tentu fasilitasnya terbatas harus sabar menunggu atau sampai di tujuan lebih lambat, berbeda dengan jika memilih taxi atau pakai kendaraan pribadi tentu lebih nyaman karena dimobil tidak banyak orang faliitas ada AC atau hiburan dan tentunya lebih nyaman dan mencai tujuan lebih cepat.

analogi diatas sangat masuk di logika ketika membandingkan BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta, dari fasilitas kamar BPJS satu kamarnya bisa 4 - 6 orang pasien dengan 1 kamar mandi, kemudian untuk mendapatkan pelayanan harus menuju ke faskes yang terdaftar mulai tingkat klinik atau dokter keluarga atau puskesmas, jika harus rawat inap harus melewati tahapan ini baru bisa di rujuk ke Rumah Sakit, dan mungkin Anda sering dengan jika harus ada tindakan operasi (pembedahan) harus menunggu jadwal (antrean), namun asuranasi swasta itu pilihan kamar semuai dengan yang di rencanakan saat membeli polis asuransu kesehatan misalnya mau pilih kamar sendiri atau berdua, jika terjadi resiko tindakan pembedahan atau rawat inap tanpa harus melewati birokrasi yang panjang. Sampai disi Anda Mulai paham kan?

untuk penejelasan Asuransi Kesehatan Swasta silhakan konsultasi dengan pemasar kami dengan klik tomboh WhatsApp di bawah ini!

Proteksi Income

Setelah nonton video Apakah Pengasilan Anda Penting?, itu gambaran kenapa setiap kepala keluarga atau pencari nafkah utama penting memiliki proteksi income atau proteksi biaya hidup keluarga, karena sebagaian masyarakat, mungkin Anda sendiri dengan memiliki BPJS atau asuransi kesehatan swasta sudah cukup.

Ijin saya shering sedikit, kadang kita berpikir kalau sakit kan sudah di cover full sama asuransi di rumah sakit, tapi terkadang lupa jika sakit itu ada sakit ringan dan berat kalau ringan kita bisa bekerja kembali butuh istirahat satu minggu aja untuk pemulihan, gimana seandainya kena resiko sakit jantung, store, kanker ini kan butuh waktu pelulihan hingga berbulan-bulan gimana income atau pengasilah masih jalan atau bisa saja hilang, kalau saat rawat inap semua biaya sudah di cover full tapi bagimana dengan kebutuhan keluarga seperti biaya makan, biaya pendidikan anak-anak, biaya listrik, air, intenet dan juga cicilan hutang?.

proteksi income ini menjamin ketersediaan biaya kebutuhan hidup keluarga saat income hilang atau terputus akibat tidak bisa bekerja kembali akibat sakit kritis atau meninggal dunia, maka ahli waris akan menerima manfat berupa uang tunai yang akan di transfer langsung ke rekening penerima manfaat.

program proteksi income ini sebagai pendamping atau pelengkap asuransi kesehatan Anda.

sampai disini pasti Anda mulai paham tentang fungsi Asuransi yang ke 2. untuk konsultasi dengan tenaga pemasar kami silahkan klik tombol WhatsApp berikut ini!

Penambah Warisan

Fungsi asuransi yang ke tiga adalah untuk menambah warisan, tentu saja setelah semua kebutuhan dasar dari keuangan sudah tercapai, ketika ada sisa dari pengasilan Anda tentu Anda Akan berpikir untuk menyiapkan Warisan buat keluarga tercinta, seperti tabungan, tanah, emas atau saham. salah satu pilihan bisa menyiapkan warisan dalam bentuk polis Asuransi Jiwa, penjelasan selengkapnya bisa di tonton pada video 3 Cara Menyiapkan Warisan by Cassandra.

disana di ulas kelebihan dari mewariskan dengan polis asuransi, disamping warisan dari segi harga cukup murah 20% dari harga Yang ingin di Warisan, juga sipatnya likuid atau berbentuk tunai atau cash yang langsung di transfar saat Anda tutup usia.

untuk penjelasan selengkapnya bisa Anda konsultasi dengan denaga pemasar kami!

I Made Putu Subali, ST., M.Pd, AWP

Agen Asuransi Prudential dengan lisensi Keagenan AAJI untuk asuransi jiwa konvensional dan AASI untuk lisensi Asuransi Syariah Indonesia.

Saya bergabung di Prudential sejak April 2018 dan sudah banyak membantu nasabah Klaim saat rawat inap atau terjadi resiko sakit kritis dan tutup usia