Asuransi jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dapat membantu melindungi Anda dan keluarga dari akibat kematian. Berikut pengertian, jenis, manfaat, dan daftar produk asuransi jiwa.

Kematian memang penuh misteri dan tidak bisa diprediksi datangnya. Sebagai individu, yang bisa dilakukan hanyalah mempersiapkan diri apabila kematian datang menjemput. Banyak bentuk persiapan yang bisa dilakukan, misalnya dengan memastikan keluarga yang kita tinggalkan tetap aman dan tercukupi dari segi finansial. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mendaftar sebagai peserta asuransi jiwa.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan perlindungan bagi keluarga peserta pemegang polis asuransi apabila terjadi kematian. Asuransi jiwa memungkinkan keluarga peserta polis asuransi untuk mendapatkan keamanan finanasial serta perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan. Secara umum, peserta yang mendaftar sebagai nasabah asuransi jiwa akan membayar premi yang ditentukan secara berkala. Nantinya, ketika peserta tersebut meninggal dunia, uang tersebut diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai uang pertanggungan (UP).

Jenis Asuransi Jiwa Beserta Fungsinya

Berikut adalah beberapa jenis asuransi jiwa:

  • Asuransi jiwa berjangka (term llife)

Asuransi jiwa berjangka merupakan perlindungan jiwa dalam waktu tertentu yang sudah disepakati oleh peserta dan perusahaan asuransi. Umumnya, premi asuransi jenis ini dibayar di muka dan berkala setiap tahunnya. Asuransi jiwa jenis ini punya risiko, seperti apabila polis tidak aktif (lapse) maka manfaat akan berhenti dan premi akan hangus. Asuransi jenis ini yang sering dijumpai yaitu asuransi jiwa kredit yang memberi pelindungan asuransi jiwa selama masa kredit. Apabila peserta meninggal dunia, pihak asuransi akan melunasi sisa pinjaman kepada debitur.

[ PRCinta ] [ PRUCritical Benefit 88 ]

  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Umumnya asuransi jiwa seumur hidup memberikan perlindungan sampai tertanggung berusia 99-100 tahun atau dengan kata lain seumur hidup. Tarif premi yang harus dibayarkan bersifat tetap dan tidak mengalami peningkatan. Seumpama polis tidak lagi aktif sampai tertanggung meninggal dunia, peserta asuransi masih memperoleh nilai tunai yang telah dijanjikan dengan dikurangi biaya-biaya penutupan polis serta pembayaran premi yang tertunggak pada produk asuransi jiwa whole life.

[ PRUWarisan ]

  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment)

Asuransi jiwa ini memberikan manfaat ganda berupa proteksi jiwa sekaligus tabungan. Dengan menggunakna asuransi jiwa dwiguna ini, peserta akan mendapat perlindungan asuransi yang pasti selama tertanggung hidup sampai tanggal jatuh tempo atau meninggal sebelum tanggal tersebut. Berbeda dengan asuransi jiwa seumur hidup, jenis ini bisa membentuk nilai tunai lebih cepat.

[ PRUCerah ]

  • Asuransi jiwa unit link

Selain pengembalian uang pertanggungan, pemegang polis asuransi jiwa link juga akan menerima tambahan berupa hasil investasi.

Manfaat Asuransi Jiwa

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat apabila Anda mendaftar sebagai nasabah asuransi jiwa:

  • Proteksi dari risiko kematian

Ini merupakan manfaat umum yang bisa diterima oleh tertanggung dari berbagai risiko musibah di masa depan, seperti kepala keluarga meninggal akibat kecelakaan sehingga kehilangan mata pencaharian.

[ PRCinta ] [ PRUCritical Benefit 88 ] [ PRUWarisan ]

  • Menjaga kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris

Asuransi ini juga memeberikan manfaat berupa perlindungan kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris di kala keluarga tidak lagi memiliki mata pencaharian. Asuransi hadir untuk memberi dukungan finansial yang nantinya dapat digunakan keluarga tertanggung untuk memenuhi kebutuhan hidup.

[ PRCinta ] [ PRUCritical Benefit 88 ] [ PRUWarisan ]

  • Santunan cacat sebagian maupun cacat total

Memberikan perlindungan dari risiko cacat sebagian maupun permanen. Pihak asuransi akan membayarkan manfaat asuransi sesuai kesepakatan. Selanjutnya, asuransi akan berakhir apabila tertanggung mengalami cacat total akibat kecelakaan.

  • Membantu pengelolaan keuangan

Secara tidak langsung peserta akan diminta menyisikan uang mereka untuk membayar premi asuransi jiwa secara berkala. Dana ini dikelola sebagai bentuk perlindungan terhadap Anda dan keluarga dalam menghadapai masa-masa darurat.

  • Manfaat tambahan investasi

Untuk produk asuransi jiwa unit link, premi yang dibayarkan tidak hanya dialokasikan untuk asuransi saja, tapi juga mendapat manfaat asuransi jiwa berupa investasi.

  • Membantu tercapainya target biaya pendidikan

Tidak ada yang bisa memastikan, sampai kapan orangtua mampu membiayai pendidikan anaknya. untuk mencegah hal tersebut, asuransi jiwa hadir agar peserta mendapat biaya pertanggungan untuk biaya pendidikan anak di masa depan.

[ PRUCerah ]

  • Persiapan pensiun

Selain mendapat perlindungan jiwa, produk asuransi jiwa dwiguna dan unit link membantu pemegang polis untuk mengakumulasi dana persiapan pensiun.

[ PRCinta ] [ PRUCritical Benefit 88 ]