Memahami Polis Asuransi


memahami polis asuransi

Polis asuransi merupakan sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung), yang isinya menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut. Polis asuransi akan menjadi bukti tertulis yang sah dalam perjanjian yang dilakukan oleh pihak penanggung dan pihak tertanggung.

Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting di dalam layanan asuransi itu sendiri, karena polis akan melindungi setiap hak serta kewajiban nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang polis:

  1. Data Polis, ??Pada bagian data polis terdapat informasi mengenai nama Pemegang Polis, nama Tertanggung, jumlah premi, nama penerima manfaat / ahli waris serta jumlah uang pertanggungan yang akan diterima apabila terjadi risiko.

  2. Maslahat Asuransi, Pada pasal maslahat asuransi, tercantum ketentuan perihal jenis manfaat yang akan diterima apabila terjadi risiko. Pada polis dasar asuransi terdapat Maslahat Meninggal dan Maslahat Akhir Kontrak (jika ada). Sedangkan pasal maslahat asuransi pada Pertanggungan Tambahan (rider) akan mencantumkan semua jenis manfaat yang akan diterima, tergantung rider yang diambil. Misalnya jika rider penyakit kritis, akan dicantumkan jenis-jenis penyakit kritis apa saja yang mendapatkan pertanggungan.

  3. Pengecualian, Pasal pengecualian ini penting untuk kita pelajari agar kita bisa mengetahui apa saja yang tidak termasuk dalam pertanggungan pada polis asuransi yang kita miliki. Misalnya kondisi apa yang tidak ditanggung asuransi, apakah ada masa tunggu untuk mendapatkan pertanggungan, apakah ada penyakit tertentu yang tidak ditanggung, dan juga penyebab meninggal dunia yang tidak ditanggung.

  4. Prosedur pengajuan klaim, Bagian yang perlu mendapat perhatian juga adalah pasal perihal prosedur pengajuan klaim termasuk persyaratannya. Sehingga saat melakukan klaim Sahabat asuransi sudah mengetahui dokumen yang perlu disiapkan dan prosedur pengajuannya.

  5. Untuk produk PAYDI - maka tercantum ketentuan mengenai pengelolaan investasi, risiko maupun biaya-biaya terkait polis tersebut.

Mengingat pentingnya polis asuransi, maka sudah sewajarnya jika kita harus paham keseluruhan isi dari polis asuransi yang dimiliki. Hal ini tentunya menghindarkan kita dari sejumlah kerugian yang bisa saja muncul di hari yang akan datang akibat kurangnya pemahaman terhadap semua detail yang tertulis di dalam polis asuransi yang digunakan. Mari kita bertanya ke tenaga pemasar/agen agar dapat memahami isi polis kita atau bisa menghubungi Customer Service perusahaan asuransi anda, untuk informasi lebih lanjut.